Qurban Aqiqah

Seluruh komunitas Muslim akan merayakan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Oleh karena itu, masih ada waktu jika masyarakat ingin membeli hewan kurban khususnya kambing.

Namun, tidak mudah bagi masyarakat awam untuk mengetahui ciri-ciri kambing yang sehat dan berkualitas untuk dijadikan hewan kurban

Kementerian Pertanian memberikan berbagai tips pemilihan kambing atau domba yang baik dan sehat sebagai hewan kurban, yang diunggah pada Kamis (30/7/2020) melalui akun Twitter @kementan.
Baca juga: Kementerian Pertanian: Jumlah hewan kurban turun 3,5 persen tahun ini

Tips pertama adalah memperhatikan fisik kambing yang akan dipilih sebagai hewan kurban. Kambing atau domba yang baik memiliki tubuh yang sehat dan gemuk serta dapat dilihat dari matanya yang cerah dan tajam

Kedua, periksa bulu kambing. Departemen Pertanian mengatakan bulu kambing atau domba yang sehat cenderung lembab atau tidak kering.

Ketiga, nafsu makan. Kambing atau domba yang sehat akan memiliki nafsu makan yang baik. Keempat, periksa umur kambing yang akan dikorbankan.
Umur kambing atau domba yang cocok untuk kurban adalah 1-2 tahun dan dapat diperkirakan dengan melihat gigi seri depan.
Baca Juga: Cara Aman Bagikan Daging Kurban Di Tengah Wabah Corona

Terakhir, lihat tanduknya. Masyarakat diimbau untuk tidak memilih kambing atau domba yang tanduknya tidak lengkap.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertanian menyebutkan jumlah hewan kurban tahun ini hanya mencapai 1.802.651 ekor, turun sekitar 3,5 persen dari tahun sebelumnya.

Sedangkan rincian ternak kurban Kambing Domba Qurban Aqiqah terdiri dari 541.568 ekor sapi, 15.653 ekor kerbau, 853.212 kambing dan 392.185 domba.

Meski mengalami penurunan, Dinas Pertanian memastikan masih ada cukup hewan kurban lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Leave a comment